Minggu, 03 Januari 2010

Permasalahan Sosial Di Lingkungan Sekitar

Manusia adalah makhluk sosial. Apa yang dimaksud dengan makhluk sosial? Yang dimaksud makhluk sosial adalah manusia membutuhkan manusia lain untuk melanjutkan hidup mereka. Dengan kata lain mereka memiliki keterikatan saling membutuhkan antara manusia satu dengan manusia lainnya. Contoh sederhananya adalah kita membutuhkan nasi sebagai makanan pokok kita orang Indonesia, tetapi nasi tidak begitu saja jadi. Nasi mengalami beberapa proses agar menjadi nasi, nasi berasal dari beras, beras berasal dari padi dan padi yang biasa ditanam oleh para petani. Jadi secara tidak langsung kita membutuhkan petani supaya kita dapat makan.

Manusia memiliki sifat baik dan sifat buruk. Mungkin lingkungan sekitar dapat mempengaruhi sifat kita. Ada beberapa orang menganggap orang kampung atau orang desa dengan orang kota memiliki sifat yang berbeda. Ada yang mengatakan orang desa atau orang kampung memiliki sifat sosial yang tinggi, karena mereka hidup saling berdampingan dan saling sering berkomunikasi antar tetangga. Jadi tali persaudaraan mereka lebih erat dibandingkan dengan masyarakat yang tinggal di kota. Orang kota berkebalikan dengan orang yang tinggal di desa. Dari segi tempat tinggal orang kota lebih kurang bersahabat dengan masalah sosial. Perumahan elite di kota, kita dapat melihat rumah-rumah besar dengan dinding dan pagar yang menjulang tinggi sehingga tidak dimungkinkan mereka jarang berkomunikasi dengan tetangganya. Justru ada sebagian masyarakat yang tidak mengenal tetangganya. Ini adalah salah satu permasalahan sosial yang ada di lingkungan sekitar saya.

Orang yang memiliki karakter seperti itu, yang tidak peduli dengan keadaan sekitar itu sangat memprihatinkan. Karena jika terjadi sesuatu orang yang paling dekat untuk kita minta tolong adalah kepada tetangga. Di lingkungan sekitar pun juga ada masyarakat yang mendirikan bangunan rumah besar dan megah di dekat dengan pemukiman penduduk menengah kebawah. Ini dapat menyebabkan kecemburuan sosial di masyarakat. Para masyarakat yang susah mencari makan dan menghidupi keluarganya harus sering melihat kemewahan dan kekayaan orang lain yang lebih bisa menggapai segalanya dengan uang. Tentu masalah ini dapat menyebabkan kesenjangan sosial yang ada dimasyarakat kita. Contohnya adalah banyaknya tindakan kriminal seperti pencurian, perampokan dan perampasan. Maka jangan salahkan mereka yang melakukan tindakan kriminal seperti itu. Mungkin mereka melakukan itu karena tuntutan perut dan mereka terlalu banyak melihat kemewahan dan kekayaan milik orang lain sehingga mereka harus melakukan itu agar dapat mengisi perut mereka yang kosong.

Permasalahan sosial yang banyak terjadi dilingkungan sekitar adalah masalah pengangguran. Pengangguran sekarang terjadi dimana-mana. Hal ini disebabkan banyak nya para pencari kerja tetapi sedikitnya lapangan kerja yang tersedia. Itu hanya salah satu sebab terjadinya pengangguran. Contoh sebab lain adalah Sumber Daya Manusia yang kurang berkualitas. Para generasi muda sekarang lebih suka bermalas-malasan dan bermain dari pada belajar demi menggapai masa depan. Sehingga disaat mereka dewasa karena tingkat pendidikan mereka sangat rendah sehingga mereka kesulitan mencari pekerjaan dan akan menjadi pengangguran. Kita harus berusaha mencapai hasil yang terbaik dalam hidup kita sehingga kita akan menjadi manusia yang berkualitas dan dapat membantu mengurangi masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita.

Jadi permasalahan sosial yang terjadi dilingkungan masyarakat disebabkan oleh beberapa faktor antara lain : kemiskinan, tingkat pendidikan rendah, tindakan kriminal, pengangguran, dll. Masih banyak faktor yang menyebabkan munculnya masalah sosial dimasyarakat kita. Masalah ini tidak hanya terjadi di Negara kita saja tetapi masalah ini terjadi sama rata di seluruh pelosok dunia.

referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar